Thursday, July 27, 2006

Social Network

Social Network (SN) adalah struktur sosial yang menghubungkan node-node dimana biasanya merupakan individu-individu atau organisasi. SN mengindikasikan bagaimana orang atau organisasi saling terhubung (Wikipedia)

“Social Network Analysis (SNA) atau Analisis Jaringan Sosial (AJS) adalah pemetaan dan pengukuran hubungan dan aliran antar orang, grup, organisasi, komputer atau entitas pemroses informasi/pengetahuan” (Valdis Krebs, 2002)

Selanjutnya baca

3 Comments:

Blogger Bambang Setiarso said...

pa Hendro mungkin ditambahkan kalau didunia akademik dan sosiologi, yaitu konsep tentang masyarakat berjaring adalah konsep Castells (1996) yaitu memiliki 5 ciri khas :1. berbasis ekonomi kapitalis (informational capitalist economy) yakni ekonomi yang sudah direstrukturisasi, 2. ekonomi masyarakat berjaring dikelola secara global, 3. pengalaman orang tentang waktu dan ruang dipindahkan ke timeless time dan space of flows, 4. kekuasaan dan tidak ditentukan oleh akses ke jaringan dan kendali atas informasi, 5. maslah masyarakat berjaring adalah placeless dan rootedness.
juga lihat teori sense-making, teori Ellis dan teori dervin dan Kuhlthau.

salam
bse

28 July, 2006  
Blogger Kelompok II said...

PDII kepanjangannya apa? di situs gak ada. orang lain perlu tau bahasa indo nya juga ...

kelompok II TOps

28 November, 2006  
Anonymous Anonymous said...

komentar di atas itu bukan dari kelompok I, tapi dari kelompok II.
sorry, salah nama, hehehehe ....

kelompok II tOps ...

28 November, 2006  

Post a Comment

<< Home